Gears of War 3 - XBOX 360 Review

 
Publisher: Microsoft Game Studios
Developer: Epic Games
Platform: XBOX 360
Release: 20 September 2011

Salah satu game shooter yang paling di tunggu di tahun ini, Gears of War 3, telah hadir khusus bagi para gamer Xbox 360. Epic Games selaku pengembang yang sudah mengerjakan seri Gears of War sejak seri pertamanya, banyak melakukan penyempurnaan pada seri ketiganya ini dalam berbagai aspek untuk memuaskan para gamer Xbox 360 dan para gamer pecinta Gears of War.

GAMEPLAY

Dalam hal gameplay, Gears of War 3 masih sama seperti seri sebelumnya, memiliki gameplay third-person shooter yang menekankan pada pengunaan cover dan taktik dalam pertempuran. Masih sama seperti seri sebelumnya, gamer dapat membawa satu pistol, dua senjata berbeda, dan satu set granat. Kontrol permainan hampir sama dengan sebelumnya, sehingga bagi para gamer yang sudah memainkan game Gears of War sebelumnya dapat dengan cepat beradaptasi dengan kontrol game dan kontrol gerakan karakter kali ini sedikit lebih cepat daripada Gears sebelumnya yang menurut penulis gerakan karakternya pada game terdahulu agak lamban.


Pada Campaign kali ini, cerita Gears of War 3 bersetting 18 bulan setelah ending pada GOW 2, dimana koalisi pemerintahan COG telah bubar, para manusia yang selamat masih berusaha untuk bertahan hidup melawan para mahluk Locust dan mahluk baru, “Lambent” (versi mutasi Locust yang juga dapat menginfeksi mahluk lain). Sejumlah karakter dari GOW sebelumnya kembali hadir, Marcus Fenix, Dominic Santiago, Cole, Baird, Carmine (Carmine yang satu ini merupakan saudara Carmine dari game sebelumnya yang sudah wafat), dan lain-lain. Tentu saja dalam hampir seluruh permainan gamer akan mengendalikan Marcus Fenix yang merupakan karakter utama serial GOW, tapi pada beberapa chapter gamer juga akan mengendalikan Cole. Tanpa mengungkapan detil cerita yang lebih mendalam dalam review ini, karena memang penulis tidak ingin mengbongkar cerita-cerita GOW 3, cerita terasa lebih emosional daripada GOW sebelumnya dan progress cerita berjalan mulus meskipun pada beberapa bagian cerita terasa sedikit terburu-buru.

Disamping cerita yang baik, GOW 3 juga menyajikan campaign yang penuh aksi sepanjang permainan dengan tambahan musuh baru yang sudah disebutkan, Lambent, mahluk mutasi yang agresif. Campaign dalam game ini sendiri terasa cukup panjang, butuh waktu sekitar 12 jam untuk menamatkannya dan tidak membosankan. Campaign juga bisa dimainkan oleh 4 orang secara bersamaan tapi meskipun gamer bermain sendirian A.I. teman terasa cukup pintar jadi tidak perlu ragu-ragu bagi yang bermain sendirian.


Selain menghadirkan mode Campaign, GOW 3 juga menghadirkan beberapa mode kompetitif 5 on 5 player Multi-Player yang sudah tidak asing bagi para gamer yang sudah memainkan game sebelumnya, seperti Team Deathmode, Capture The Leader, Warzone, Execution, dan lain-lain yang tiap modenya menawarkan variasi gameplay tersendiri dan bagi para gamer yang tidak memiliki koneksi internet atau member XBOX Live GOLD dapat mencicipi mode-mode Multiplayer dengan melawan bots yang dapat diatur tingkat kesulitan botnya.

GOW 3 juga menghadirkan mode multiplayer yang menekankan pada kerjasama tim yaitu Horde Mode dan Beast Mode. Horde Mode, mode survival yang bisa dimainkan sampai 5 player dimana para pemain berusaha untuk bertahan hidup dari serangan para musuh, sudah hadir di GOW 2 dulu, namun dalam seri ketiganya ini Horde Mode agak berbeda, karena pada Horde Mode kali ini gamer dapat membeli sejumlah pertahanan yang dapat digunakan untuk bertahan hidup. Lalu, ada Beast Mode, sama seperti Horde Mode tapi pada mode ini gamer bermain sebagai musuh.


Semua mode multiplayer, baik yang bersifat competitive maupun yang cooperative menyediakan 10 maps bagus dan bervariasi yang dapat dimainkan.

SOUND

Voice acting dalam Gears of War 3 tidak jelek dan lipsync mulut karakter terlihat pas, selain itu background music dalam permainan terasa sangat pas sesuai dengan suasana dan tempat dalam permainan. Efek suara senjata dan ledakan terdengar cukup baik.

GRAPHIC

Secara garis besar, grafik Gears of War 3 sangat bagus berkat game engine yang diperbarui oleh Epic Games. Grafik Gears of War 3 terlihat lebih terang dibandingkan dengan GOW sebelumnya yang terlihat agak kusam, animasi-animasi dalam terlihat lebih mulus berkat penggunaan efek motion blur yang cukup baik, dan frame rate berjalan stabil di 30 fps meskipun banyak efek-efek dilayar yang muncul secara bersamaan.


Selain itu, bukan hanya teknologi grafik GOW 3 yang menjadi salah satu kelebihan game ini dalam bidang grafik, desain level dan lingkungan map pada Campaign dan Multiplayer di olah dengan sangat baik sehingga mendukung grafik game ini.

Hanya saja meskipun memiliki banyak kelebihan dalam segi grafik, beberapa texture lingkungan terlihat agak low-res.

SCORE
Gameplay: 9.1
Menyempurnakan elemen gameplay lama dengan berbagai hal-hal baru.

Sound: 9.0
Acting suara pas dengan gerakan mulut dan emosi karakter, efek suara baik.

Graphic: 9.5
Kualitas grafik meningkat pesat dengan menyempurnakan teknologi grafik yang sudah berumur.

TOTAL: 9.2
Sumber : Gamexeon.com

0 comments:

:nangis :rate :lebay :hoax :nyimak :hotnews :gotkp :wow :pertamax :lapar :santai :malu :ngintip :newyear

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons