Salah satu genre yang kontrolnya nyaman dimainkan di iOS adalah genre shooter.
Gabungkan itu dengan fakta bahwa shooter (baik FPS maupun third-person
shooter) laris di pasaran sehingga membuat platform iOS punya game
shooter yang melimpah jumlahnya. Modern Combat, N.O.V.A, ShadowGun baru beberapa contoh yang langsung melintas di ingatan. Ketika Epoch mendarat ke toko iTunes pekan lalu, bisakah ia membedakan diri dari persaingan?
Gameplay dalam Epoch sedikit berbeda dengan game-game shooter lainnya, di mana pada game ini gerakanmu terbatas hanya pada daerah-daerah yang sudah ditentukan oleh gamer saja. Tahu Time Crisis di
mana kamu bisa menembaki musuhmu dan berlindung dari serangan mereka?
Epoch memiliki konsep yang sama dan menggabungkannya dengan permainan a
la game watch. Ingat game watch di mana ikonmu bergerak secara
terbatas dari satu titik ke titik lainnya? Epoch mengawinkan konsep
pergerakan terbatas ini dengan sistem berlindung dari Time Crisis.
Hasilnya?
Secara mengejutkan ternyata Epoch lumayan enak.
Keberanian sang developer mendesign game ini tampil beda membuat
kontrol Epoch sesuai dengan platform iOS yang memaksimalkan penggunaan touch screen.
Bandingkan dengan Modern Combat, N.O.V.A, sampai ShadowGun yang tak
akan lepas dibanding-bandingkan dengan kompatriotnya di dunia konsol: Call of Duty, Halo, dan Gears of Wars.
Dalam Epoch kamu 'membidik' musuhmu dengan menyentuh mereka. Secara
otomatis robotmu akan langsung menembaki mereka dan kamu tinggal fokus
bersembunyi atau melompat dari satu titik ke titik lain menghindari
serangan mereka. Kamu juga memiliki beberapa senjata sekunder seperti
granat, homing missile, bahkan efek melambatkan waktu untuk menyerang musuh secara bertubi-tubi dan menghindar dari serangan mereka.
Karena berbentuk robot tentu saja kamu bisa mengganti senjata, armor, dan senjata-senjata sekundermu pada saat pergantian level. Semua equipment-mu
ini bisa kamu beli dengan uang yang dihadiahkan pada setiap akhir
level sesuai dengan tingkat performamu. Setiap equipment memiliki
kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ada yang memiliki daya serang
tinggi tetapi amunisinya terbatas dan sebentar-sebentar kamu harus
'berhenti' untuk mengisi peluru. Sesuaikan gaya mainmu dengan senjata
yang kamu pakai atau sesuaikan senjata y
Game ini semula akan memiliki level kesulitan easy dengan memberimu berbagai tutorial
akan jenis musuh yang dihadapi dan bagaimana memakai
kemampuan-kemampuanmu. Setelah 10 level easy berakhir, kamu akan
memainkan level yang sama dengan kesulitan normal dan di sini tantangan
yang sesungguhnya dimulai. Musuh-musuh yang tadinya diperkenalkan
padamu satu demi satu sekarang keluar secara bergerombol dan
memberondongimu tanpa ampun. Cukup gesitkah kamu menghindari sekaligus
membalas mereka semua?
Sayangnya cerita Epoch kurang menarik. Saya takkan
menyalahkan gamer yang tak mengerti apapun yang terjadi di awal game
mengingat kamu hanya ditampilkan sebagai sang robot yang bangun tanpa
sadar mengenai masa lalunya dan hanya bermisi satu: menyelamatkan
seorang putri yang ditawan di atas sebuah menara (Mario wannabe?).
Kamu akan mulai mengerti apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini
setelah mendapatkan catatan-catatan email dan data-data transkrip
setiap pergantian level. Bukan cara yang paling tepat menarasikan
cerita, apalagi mayoritas gamer mana mau menghentikan pacing bermain
mereka sekedar untuk membaca notes?
Lantas mengingat game ini dibuat dengan Unreal
engine, bagaimanakah grafiknya? Tentu saja luar biasa bagus dengan
tampilan yang memberi nuansa dystopian pada game. Bagaimanapun saya
harus akui bahwa setelah memainkan banyak game dengan engine Unreal
maupun Unity, tampilan Epoch tak lagi mempesonaku. Perkembangan teknis
game mobile pada bidang grafik maupun audionya memang luar biasa.
Bicara soal audio dalam game ini, Epoch dilengkapi dengan suara baku
tembak yang menggelegar, terutama bila kamu memakai headset saat
bermain. Suara - sayangnya - absen dari pertempuran para robot bisu
ini.
Editor's Tilt 7.5
Epoch adalah shooter berbeda tetapi tidak buruk
rupa. Kontrolnya ketat dan pas untuk sebuah game iOS. Pergerakan
karakter robotmu benar-benar fluid dan setiap levelnya memang
memanfaatkan engine Unreal secara baik. Setiap musuh pun memiliki AI
yang lumayan cerdik dengan menghindari serangan-seranganmu dan bekerja
sama memberondongmu dari segala arah. Kalau kamu gemar dengan game-game
macam Time Crisis dan House of the Dead, masukkan Epoch ke dalam daftar mainmu.
ang kamu pakai dengan gaya
mainmu!
0 comments:
Post a Comment