[Review] Epoch

Salah satu genre yang kontrolnya nyaman dimainkan di iOS adalah genre shooter. Gabungkan itu dengan fakta bahwa shooter (baik FPS maupun third-person shooter) laris di pasaran sehingga membuat platform iOS punya game shooter yang melimpah jumlahnya. Modern Combat, N.O.V.A, ShadowGun baru beberapa contoh yang langsung melintas di ingatan. Ketika Epoch mendarat ke toko iTunes pekan lalu, bisakah ia membedakan diri dari persaingan?
Gameplay dalam Epoch sedikit berbeda dengan game-game shooter lainnya, di mana pada game ini gerakanmu terbatas hanya pada daerah-daerah yang sudah ditentukan oleh gamer saja. Tahu Time Crisis di mana kamu bisa menembaki musuhmu dan berlindung dari serangan mereka? Epoch memiliki konsep yang sama dan menggabungkannya dengan permainan a la game watch. Ingat game watch di mana ikonmu bergerak secara terbatas dari satu titik ke titik lainnya? Epoch mengawinkan konsep pergerakan terbatas ini dengan sistem berlindung dari Time Crisis. Hasilnya?
Secara mengejutkan ternyata Epoch lumayan enak. Keberanian sang developer mendesign game ini tampil beda membuat kontrol Epoch sesuai dengan platform iOS yang memaksimalkan penggunaan touch screen. Bandingkan dengan Modern Combat, N.O.V.A, sampai ShadowGun yang tak akan lepas dibanding-bandingkan dengan kompatriotnya di dunia konsol: Call of Duty, Halo, dan Gears of Wars. Dalam Epoch kamu 'membidik' musuhmu dengan menyentuh mereka. Secara otomatis robotmu akan langsung menembaki mereka dan kamu tinggal fokus bersembunyi atau melompat dari satu titik ke titik lain menghindari serangan mereka. Kamu juga memiliki beberapa senjata sekunder seperti granat, homing missile, bahkan efek melambatkan waktu untuk menyerang musuh secara bertubi-tubi dan menghindar dari serangan mereka.
Karena berbentuk robot tentu saja kamu bisa mengganti senjata, armor, dan senjata-senjata sekundermu pada saat pergantian level. Semua equipment-mu ini bisa kamu beli dengan uang yang dihadiahkan pada setiap akhir level sesuai dengan tingkat performamu. Setiap equipment memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ada yang memiliki daya serang tinggi tetapi amunisinya terbatas dan sebentar-sebentar kamu harus 'berhenti' untuk mengisi peluru. Sesuaikan gaya mainmu dengan senjata yang kamu pakai atau sesuaikan senjata y
Game ini semula akan memiliki level kesulitan easy dengan memberimu berbagai tutorial akan jenis musuh yang dihadapi dan bagaimana memakai kemampuan-kemampuanmu. Setelah 10 level easy berakhir, kamu akan memainkan level yang sama dengan kesulitan normal dan di sini tantangan yang sesungguhnya dimulai. Musuh-musuh yang tadinya diperkenalkan padamu satu demi satu sekarang keluar secara bergerombol dan memberondongimu tanpa ampun. Cukup gesitkah kamu menghindari sekaligus membalas mereka semua?
Sayangnya cerita  Epoch kurang menarik. Saya takkan menyalahkan gamer yang tak mengerti apapun yang terjadi di awal game mengingat kamu hanya ditampilkan sebagai sang robot yang bangun tanpa sadar mengenai masa lalunya dan hanya bermisi satu: menyelamatkan seorang putri yang ditawan di atas sebuah menara (Mario wannabe?). Kamu akan mulai mengerti apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini setelah mendapatkan catatan-catatan email dan data-data transkrip setiap pergantian level. Bukan cara yang paling tepat menarasikan cerita, apalagi mayoritas gamer mana mau menghentikan pacing bermain mereka sekedar untuk membaca notes?
Lantas mengingat game ini dibuat dengan Unreal engine, bagaimanakah grafiknya? Tentu saja luar biasa bagus dengan tampilan yang memberi nuansa dystopian pada game. Bagaimanapun saya harus akui bahwa setelah memainkan banyak game dengan engine Unreal maupun Unity, tampilan Epoch tak lagi mempesonaku. Perkembangan teknis game mobile pada bidang grafik maupun audionya memang luar biasa. Bicara soal audio dalam game ini, Epoch dilengkapi dengan suara baku tembak yang menggelegar, terutama bila kamu memakai headset saat bermain. Suara - sayangnya - absen dari pertempuran para robot bisu ini.
Editor's Tilt 7.5
Epoch adalah shooter berbeda tetapi tidak buruk rupa. Kontrolnya ketat dan pas untuk sebuah game iOS. Pergerakan karakter robotmu benar-benar fluid dan setiap levelnya memang memanfaatkan engine Unreal secara baik. Setiap musuh pun memiliki AI yang lumayan cerdik dengan menghindari serangan-seranganmu dan bekerja sama memberondongmu dari segala arah. Kalau kamu gemar dengan game-game macam Time Crisis dan House of the Dead, masukkan Epoch ke dalam daftar mainmu.
ang kamu pakai dengan gaya mainmu!

0 comments:

:nangis :rate :lebay :hoax :nyimak :hotnews :gotkp :wow :pertamax :lapar :santai :malu :ngintip :newyear

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons